#6. Memilih Rekan Bisnis: Ini 5 Hal Yang Harus Diperhatikan

Hari ini saya membaca berita miris, menyedihkan hati. Seorang yang pernah saya kenal “X” ditangkap polisi terkait dengan bisnis yang dia jalani. Sebenarnya bukan karena usahanya, X ditangkap polisi. Tetapi karena perbuatan tak menyenangkan yang dilakukan terhadap teman kerjanya.

Menurut berita yang saya baca, X kecewa terhadap rekan usahanya. Kekecewaan diungkapkan dengan cara yang menyedihkan. Menyebarkan foto tak senonoh lewat akun2 FB palsu dan lewat email. Seolah2 foto itu disebarkan oleh rekan X sendiri.

Perilaku kekanak-kanakan berdimensi pidana itu membawa X ke sel tahanan.

Cerita pecah kongsi seperti itu sering sekali saya dengar. Sebabnya bisa macam-macam, karakter tak cocok, cheating/curang, sampai mental dan budaya kerja.

5 Hal Penting

Misalnya Anda ingin membangun usaha. Anda punya visi, cita-cita besar yang hendak diwujudkan dalam bisnis. Anda butuh orang lain untuk bersama mewujudkannya bukan? Kehadiran orang lain, entah sebagai investor, co-founder, atau karyawan adalah kebutuhan/keharusan untuk mengubah visi menjadi fakta.

Rekan bisnis adalah mereka yang mempunyai visi dan passion yang sama dengan Anda
Rekan bisnis adalah mereka yang mempunyai visi dan passion yang sama dengan Anda

Tetapi, sebelum Anda memutuskan untuk mencari rekan kerja, renungkan dulu pertanyaan ini: Coba tuliskan impianmu. Lalu jawablah pertanyaan berikut:

1. Apakah visi itu sebuah visi,  yang berguna bagi orang lain?
Anda akan lebih mudah mengajak orang lain untuk mengerjakan sesuatu yang mempunyai manfaat bagi banyak orang, daripada sekedar mencari untung.

2. Apakah Anda percaya bahwa visi usaha itu dapat terwujud? Berapa lama? Visi bukan fakta, belum menjadi fakta. Tanpa kepercayaan diri, Anda tak dapat meyakinkan orang lain. Keyakinan itu tentu bukan keyakinan buta, melainkan keyakinan yang punya kalkulasi diserta cara dan syarat untuk mewujudkannya.

3. Agar visi dapat terwujud, talenta/keahlian apa yang harus ada dalam tim Anda? Dengan mengetahui talenta dan ketrampilan yang dibutuhkan, lebih mudah bagi Anda untuk mencari rekan kerja sesuai kebutuhan bisnis.

4. Anda mempunyai passion kegairahan, semangat yang menyala-nyala, pantang mundur untuk mewujudkan impian itu? Dibalik semua kisah sukses penemuan-penemuan, dan bisnis ada semangat pantang mundur dan tak mudah menyerah. Ada passion, kegairahan. Kegairahan dan semangat dapat ditularkan. Kalau Anda sendiri tak menunjukkan gairah, bagaimana bisa membuat orang lain terlibat penuh gairah. Dengan mengetahui passion Anda, mudah juga bagi Anda untuk mengetahui atau menularkannya pada (calon) rekan Anda.

5. Terakhir, apakah Anda akan menjalankan usaha itu dengan cara yang jujur dan adil? Kalau Anda terbiasa berlaku curang dan tak adil, maka tinggal tunggu waktu bahwa rekan Anda akan melakukan hal yang sama pada Anda.

Yang Anda butuhkan adalah Believers

Nah kalau Anda sudah merasa oke dengan ke-5 pertanyaan itu, ajaklah (calon) rekan kerja Anda untuk berbicara tentang ke-5 hal itu: a) visi yang baik, b) keyakinan serta langkah mencapai visi itu, c) talenta d) passion, dan e) etika/karakter.

Ambil waktu yang cukup untuk membicarakannya, cek rekam jejaknya. Kalau Anda atau rekan Anda tak punya waktu untuk membicarakan hal itu, artinya Anda mengangap tak penting peran rekan kerja yang baik dalam mewujudkan bisnis Anda.

Ingatlah visi bisnis bukan fakta. Anda dan semua yang bekerja untuk mengubah visi itu menjadi fakta adalah orang yang percaya bahwa Anda semua dapat mewujudkan hal itu. Mereka itu kadang disebut believers.

Ya, dalam membangun startups yang kita butuhkan sebenarnya lebih dari pada rekan kerja. Mereka adalah believers, orang yang percaya pada impian bersama, mempunyai visi, keyakinan, passions dan cara mengerjakan bisnis sesuai dengan cita-cita Anda atau pendiri usaha. Kalau Anda bertemu dengan believers itu anugerah tak ternilai. Anda patut menjaganya.

Maspieto CTP

2 thoughts on “#6. Memilih Rekan Bisnis: Ini 5 Hal Yang Harus Diperhatikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s