#1. Startups, apa itu?

working-in-a-startup-small

Banyak orang mengira bahwa startups adalah perusahaan kecil. Atau versi kecil dari perusahaan besar. Dengan pemahaman itu, orang yang berminat membangun startups mulai mendesain fungsi dalam usahanya serta membayangkan jobdescription dalam perusahaan yang mirip-mirip perusahaan yang sudah berjalan lama.

Startups bukan versi kecil dari perusahaan besar. Anda yang akan memulai startups sebaiknya berhenti dengan ilusi itu. Startups adalah bentuk usaha, tepatnya tahapan usaha, yang harus dikelola dengan cara yang berbeda dengan perusahaan besar atau perusahaan yang sudah jadi.

Boleh jadi, ketika memulai satu startup, Anda sudah siap dengan sebuah produk atau jasa yang akan dilempar ke pasar hari ini juga. Anda yakin bahwa produk Anda adalah produk baru yang bernilai tinggi karena membuat hidup banyak orang lebih mudah, lebih efisien, lebih murah dan lebih menyenangkan. Lebih-lebih lagi, karena produk/jasa Anda mengusung teknologi terbaru, keyakinan Anda akan success story dari startup Anda menjadi semakin besar.

Anda lupa bahwa 99,9999% dari launching perdana startup adalah cerita tentang kegagalan atau kekurangberhasilan. Dan mungkin Anda kecewa bahwa keyakin akan keberhasilan startups Anda masih jauh panggang dari api. Namun kegagalan pertama – dan kegagalan-kegagalan berikutnya – harus Anda alami. Dan dari kegagalan tersebut Anda mendapat masukan tentang startup Anda. Utamanya kelemahan-kelemahan serta harapan pasar tentang produk Anda. Perubahan harus dilakukan. Baik perubahan fitur maupun yang lebih substantif.

Coba-gagal – perbaiki, coba-gagal perbaiki, barangkali adalah siklus berulang yang harus dialami oleh startups manapun. Tetapi setiap siklus yang dilewati sertai perubahaan-perubahaan membuat jasa dan produk Anda semakin dekat dengan keinginan kustomer. Yang perlu Anda pastikan adalah Anda menangkap dengan benar keinginan dan kebutuhan pasar Anda. Dan sekali Anda menangkap dengan jitu apa yang diterima oleh pasar, startups Anda sudah berada di gerbang kesuksesan. Dan sebuah tahap baru harus Anda lewati, keluar dari startups menuju perusahaan yang akan bertumbuh dengan lebih stabil

Jadi apa itu startups? Startups adalah bentuk sementara dari sebuah usaha, saat Anda mempunyai ide tentang produk dan jasa yang mungkin diterima oleh pasar. Namun Anda harus menguji dan mengembangkan pasar/pelanggan yang dapat menerimanya dengan antusias.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s